Wajan Bolic

Assalamualaikum wr. wb



Perkenalkan nama saya Aria Indah Puspita Sari dari Smk Pgri Pasir Sakti, yang sedang melaksanakan prakerin di LKP Metro Techno Solution, Kali ini saya akan membahas tentang Wajan Bolic. Sebelum kita membahasnya jangan lupa klik tempat khursus komputer terbaik lampung ya teman-teman... Yukk langsung kita simakkk dibawah ini

Sejarah Antena Wajanbolic

antena wajan, atau Wajanbolic e-goen merupakan terobosan dalam teknologi rt/rw-net antena Wajanbolic e-goen dapat menjadi client yang murah dalam sebuah rt/rw-net sehingga kita dapat ber internet dengan murah.internet murah bukan berarti mencuri bandwidth dan berinternet geratis, seperti kebanyakan orang menyangka.internet menjadi murah karena beban biaya di tanggung ramai-ramai oleh banyak pengguna di sebuah rt/rw dalam rt/rw-net Dimasa sekarang kita sudah tau jaringan tanpa kabel yaitu Wireless, jaringan ini sudah di legalkan oleh pemerintah pada tahun 2005.. dan sekarang untuk akses jaringan ini kita memerlukan perangkat keras berupa Akses point, WLAN, dan juga USB wi-fi yang bekerja pada frekwensi 2,4 Ghz.. dan apabila kos-kosan kita dekat area hotspot kita hanya memerlukan salah satu perangkat keras diatas, kalau kos-kosan kita jauh gimana yah??,, sekarang kita membahas tentang cara membuat antena wajan bolic yang sekarang lagi naik daun. Antena wajan bolic bertujuan untuk memperhemat dana dari pada membeli antena grid atau yagi yang mahal itu, tapi bisa juga antena wajan bolic dibuat untuk mecrack keamanan ISP.
  1. Catatan Aturan Penggunaan FREKUENSI
Semua frekuensi yang digunakan di Indonesia harus menggunakan ijin dari pemerintah, dalam hal ini di atur oleh DIRECTORAT JENDERAL POS & TELEKOMUNIKASI (DITJEN POSTEL) di bawah DEPARTEMEN KOMUNIKASI & INFOMASI (DEPKOMINFO). Khusus untuk frekuensi operasi wajanbolic e-goen yang berada di band 2.4GHz, sejak tanggal 5 Januari 2005, setelah di tanda tangani Keputusan Menteri No. 2 / 2005 tentang WIRELESS INTERNET di 2.4GHz oleh Hatta Rajasa. KEPMEN 2/2005 maka pada prinsipnya FREKUENSI 2.4GHz bebas digunakan dengan syarat, antara lain,
  1. maksimum DAYA PANCAR 100mW
  2. EIRP maksimum 36dBm
  3. semua peralatan yang digunakan di sertifikasi.
  1. Pengenalan Antena Wajanbolic
  2. Pengertian Wajan Bolic
Wajan Bolic berasal dari 2 kata yaitu wajan (alat penggorengan) dan bolic (parabolic). Jadi Wajan Bolic adalah sebuah antena parabolic yang terbuat dari alat penggorengan beupa wajan. Antena ini digunakan untuk menerima sinyal WiFi dalam jaringan wireless untuk menghubungkan suatu computer ke jaringan internet.
  1. Keunggulan Dan Fungsi Wajan Bolic
Adapun keunggulan dan fungsi produk dari system wireless LAN dengan menggunkan antenna wajan yang di gunakan untuk menghubungkan suatu computer ke jaringan internet antara lain sebagai berikut:
  1. Keunggulan
Ada beberapa keunggulan dari system jaringan wireless LAN dengan menggunakan antena wajan yaitu sebagai berikut:
1)   Mobilitas
System jaringan wireless LAN dengan menggunakan antenna wajan dapat menyediakan pengaksesan jaringan internet lebih cepat daripadamenggunakan modem.
2)   Kecepatan dan kesederhanaan instalasi
System wireless LAN dengan menggunakan antenna wajan, dapat dipasang dengan cepat dan mudah sehingga tidak menyita waktu terlalu banyak.
3)   Fleksibilitas pemasangan
Tekhnologi wireless LAN yang menggunakan antenna wajan dapat menyediakan jaringan di mana kabel tidak memungkinkan untuk di pasang.
4)   Pengurangan anggaran biaya
Pada antenna wajan ini tidak di butuhkan biaya yang sangat banyak daripada antenna yang dipasarkan, mengapa demikian karena antenna wajan merupakan antenna buatan sendiri.
5)   Kemampuan jangkauan
System wireless LAN dengan menggunakan antenna wajan dapat dipasang pada topologi yang bermacam-macam untuk mendapatkan kebutuhan instalasi dan pemakaian yang sesuai. Kemampuan jangkauan yang bisa di capai oleh antena wajan cukup tinggi, karena terbuat dari wajan sehingga kesempurnaannya tidak sebanding dengan antena parabolic yang sesungguhnya.
  1. Fungsi
Adapun fungsi dari system wireless LAN menggunakan antenna,
khususnya antena wajan yaitu antara lain:
1) Antena wajan berfungsi sebagai penghubung untuk mengakses suatu jaringan, dari pusat ke PC home.
2) Dengan adanya system wireless LAN menggunakan antena wajan kita bisa mengakses jaringan internet yang lebih cepat dan murah bahkan bisa mengakses jaringan internet tanpa bayar (internet gratis).
3) Jaringan wireless LAN menggunakan antena wajan memberikan suatu layanan yang tidak dapat di sediakan oleh jaringan kabel.
  1. Kelebihan Dan Kekurangan Antena Wajan Bolic
  2. Kelebihan
Penggunaan antena Wajanbolic ini memiliki beberapa keuntungan :
1)   Jaringan lebih cepat daripada modem
2)   Dapat di pasang dengan cepat dan mudah sehingga tidak menyita waktu terlalu banyak.
3)   Murah
  1. Kekurangan
1)  Karena berupa ‘solid dish maka pengaruh angin cukup besar sehingga memerlukan      mounting ke tower yang cukup kuat
2)   Level daya yang dipancarkan tidak bisa dikendalikan dengan baik.
3)   Tidak sesensitif antena parabola asli dalam menangkap gelombang sinyal
4)   Tidak tahan lama, harus melakukan kalibrasi ulang berkali-kali.
  1. Cara Kerja
Prinsip kerja antena Wajanbolic seperti antena parabola lainnya, yaitu menempatkan bagian sensitif antena pada titik fokus parabola (wajan) sehingga semua gelombang elektromagnet yang mengenai wajan akan terkumpul dan diterima oleh bagian sensitif tersebut. Jangkauan kerja antena ini dapat mencapai hingga 1-2 km bahkan kini ada yang hingga 5 km. Antena Wajanbolic terbentuk dari 3 komponen utama, yaitu :
Reflektor yang terbuat dari wajan Biasanya wajan yang digunakan berdiameter minimal 40cm, sebagian besar ukuran wajan akan semakin baik karena semakin banyak frekuensi radio yang dapat ditangkap.
Bagian Sensitif antena berbentuk Tabung berisi USB WLANSebagai Tabung dapat digunakan Pipa Paralon 3” sepanjang 23cm dan bungkus 16cm dari panjangnya dengan Aluminium foil.
Kabel penghubung antena ke komputer Biasanya menggunakan kabel USB yang biasanya disediakan dalam paket USB WLAN, dipotong di tengah-tengah dan disambung dengan menggunakan kabel UTP atau Kabel LAN.


Nahh itu tadi guys sekilas tentang wajan bolic, semoga bermanfaat bagi kalian semua ya.... Terima kasihhh

Wassalamu'alaikum wr. wb



Komentar

Postingan Populer